Cara Optimasi SEO Blog Terbaru

No Comments
Cara Optimasi SEO Blog Terbaru


Terkadang bagi pemula teknik SEO sedikit sulit apabila terlalu banyak dan menggunakan istilah yang asing (pengalaman saya waktu baru nge-blog). Ada 3 hal teknik optimasi SEO on page untuk pemula, diantaranya konten berkualitas, Meta tag, dan internal linking.

1. Konten berkualitas

Makna konten berkualitas pada SEO on page yakni artikel / posting-an / konten yang anda buat dipastikan bukan plagiat ataupun copy paste. Pastikan setiap artikel yang anda buat berbeda dengan artikel yang ada pada website lain. Konten berkualitas juga bermakna artikel tersebut mampu menjawab apa yang ia butuhkan. Lebih baik membuat artikel yang terperinci daripada artikel yang banyak tapi pembahasan yang tak mendalam. Dan buat artikel yang teroptimasi SEO dengan jumlah kata 500-800 kata agar penempatan keyword optimal.

2. Meta tag

Meta tag merupakan hal terpenting dalam proses SEO on page. Meta tag merupakan patokan bagi mesin pencari untuk menilai pada artikel yang anda buat. Dan dengan meta tag mesin pencari melihat apa yang dibahas pada artikel tersebut. Terdapat 3 bagian meta pada SEO on page ini, diantaranya : a. Title tag Title tag merupakan judul artikel yang akan ditampilkan pada mesin pencari. Judul artikel harus mengandung keyword agar teknik SEO anda optimal. Sebaiknya judul artikel pada postingan dan judul postingan pada meta tag sama. Title tag versi kode html untuk blogger.
<title>Optimasi SEO On Page Untuk Pemula</title>
Tittle tag untuk wordpress formnya telah tersedia, apabila anda menggunakan plugin SEO. b. Meta descriptionMeta description merupakan kalimat-kalimat deskripsi singkat yang ditampilkan pada search engine. Meta description biasanya berjumlah 140-160 karakter. 3 point agar meta deskripsi srandar SEO : – Mengandung keyword utama dan keyword variasi. – Menarik hasrat pencari untuk mengklik web anda. – Hindari memasukkan kalimat yang tak mengandung keyword serta bertele-tele. Meta description versi html untuk blogger.

<meta name=”description” content=”Tips SEO untuk Pemula. SEO adalah hal terpenting dalam membangun blog“/>
Meta description untuk wordpress formnya telah disediakan apabila anda menggunakan plugin SEO. c. Meta keyword Meta keyword merupakan tempat atau daerah di mana anda meletakkan keyword utama tentang artikel yang anda buat. Isilah 2-4 keyword. Meta keyword versi html untuk blogger.
<meta name=”keyword” content=”Tips SEO, SEO On Page, SEO Off Page, untuk pemula, SEO LESSON“/>


3. Internal Backlink

 Internal backlink merupakan optimasi SEO on page yang mana kita memasang backlink dari satu artikel satu ke artikel lain dalam satu website. Internal backlink berfungsi sebagai memperbanyak pageviews dan membuat blog disukai oleh search engine. Buatlah internal backlink antar halaman dengan anchor text keyword yang anda target. Taukah anda dengan situs Wikipedia ? Silahkan lihat internal link dalam satu artikel. Internal backlink juga akan mempengaruhi peringkat website anda di search engine.

Agar lebih mudah dipahami inilah kesimpulan Optimasi SEO On Page.

 3 hal penting dalam optimasi SEO On Page :
1) Konten berkualitas
2) Meta tag ( Title tag, Meta description, Meta keyword)
3) Internal backlink
• Meta tag untuk blogger diletakkan diatas kode <head> pada HTML postingan atau html template blog Anda.
 • Contoh penerapan kode html meta tag.

<title>Judul Artikel Tips SEO</title><meta name=”description” content=”deskripsi artikel anda kurang lebih 150 kata“/> <meta name=”keyword” content=”Isikan 2- 3 keyword untuk artikel anda tersebut“/><head>
NB : Tulisan Berwarna hijau disesuaikan dengan artikel Anda.
Terima Kasih telah membaca Cara Optimasi SEO . Semoga dapat menjadi referensi kemajuan situs web/blog Anda.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.