CARA MEMBUAT SEBUAH BLOG

No Comments
CARA MEMBUAT SEBUAH BLOG


kali ini saya akan berbagi informasi tentang BAGAIMANA CARA MEMBUAT BLOG. Untuk membuat blog di www.blogspot.com anda harus memiliki akun email milik google yakni (Gmail). untuk membuat akun di Gmail yang pertama harus anda lakukan adalah sbb :

Silakan anda mengunjungi situs www.gmail.com
    • Silakan anda tekan tombol "CREATE AN ACCOUNT" pada bagian atas kanan website
    • Isi data2 anda dengan lengkap
    • Setelah itu anda dapat menambahkan foto anda dengan menekan tombol "ADD PROFILE PHOTO"
    • Dan sekarang pekerjaan pertama anda telah selesai.
      Setelah anda selesai membuat akun Gmail sekarang saatnya untuk memulai membuat blog di www.blogspot.com


      Langkah-langkah untuk membuat blod di blogspot adalah sebagai berikut :

      • Silahkan Anda membuka halaman www.blogspot.com.
      • Silahkan Anda isikan password account Gmail Anda pada kolom password, lalu tekan  tombol “Sign in”.
      • Setelah berhasil masuk, Silahkan Anda mengisikan kolom tersebut Display Name, Email Notification, Gender, Acceptance of Terms
      • lalu tekan "Continue"Silahkan Anda langsung menekan tombol yang bertuliskan “Blog Baru” untuk membuat blog pertama Anda
      • Setelah Anda menekan tombol tersebut, maka Anda akan menuju ke halaman pembuatan blog  yang meminta data-data blog yang akan Anda buat. isi kolom judul ( Judul Blog Anda ) dan alamat ( isikan dengan yang mudah dihafal )
      • Setelah blog Anda selesai terbentuk maka akan muncul halaman baru dengan tulisan  “Blog Anda Telah Selesai Dibuat”.


      MELAKUKAN SETTING AWAL BLOGSPOT

      Berikut langkah-langkah untuk melakukan setting pada blog Anda :

      • Silahkan Anda login ke blogspot dengan menggunakan email Gmail serta password-nya.
      • Silahkan Anda menekan Nama Blog Anda yang terdapat di bagian bawah halaman
      • Setelah halaman baru terbuka, silahkan Anda menekan menu “Setelan” yang terletak di bagian kiri bawah. Setelah Anda menekan menu tersebut, maka akan muncul beberapa submenu diantaranya submenu Dasar, submenu Pos dan komentar, submenu Seluler dan email, submenu Bahasa dan pemformatan, submenu Preferensi penelusuran, dan yang terakhir submenu Lainnya. Dengan ketelitian dan keseriusan Anda, pasti Anda dapat mengerti dan mempelajari bagian ini dengan baik. tetap semangat !

        POSTING ARTIKEL PERTAMA ANDA DI BLOG
      Silahkan Anda membuka halaman Blogspot dan login dengan menggunakan account Gmail Anda. Setelah itu silahkan Anda menekan Nama Blog Anda dan kemudian pada halaman berikutnya silahkan Anda menekan tombol “Entri Baru” untuk membuat postingan. Jika Anda sudah melakukannya dengan benar, Anda akan menuju ke halaman posting berikut ini :

      1. Tempat Anda memberikan Judul Postingan Anda, misalkan: “Postingan Pertama Saya”.
      2. Tombol “Publikasikan” berfungsi untuk mempublikasikan dan memunculkan postingan yang telah Anda buat di blog Anda. Setelah Anda menekan tombol ini maka postingan yang Anda buat tersebut akan langsung bisa dibaca oleh orang yang mengaksesnya.
      3. Tombol “Simpan” berguna jika Anda membuat sebuah postingan artikel baru akan tetapi tidak Anda selesaikan pada waktu itu juga. Anda bisa menekan tombol ini jika ingin menyimpan postingan Anda dan dilanjutkan di lain waktu. Penekanan tombol ini hanya untuk menyimpan artikel yang Anda buat akan tetapi tidak mempublikasinya.
      4. Tombol “Pratinjau” ini berguna untuk melihat tampilan postingan yang Anda buat sebelum diplublikasikan.
      5. Tombol “Tutup” digunakan untuk menutup postingan Anda dan kembali pada halaman utama pada Blogspot Anda.
      6. Di kotak putih yang lebar inilah Anda dapat melakukan menuliskan artikel/postingan Anda.
      7. Silahkan tekan tanda panah kecil untuk untuk memperpanjang tampilan kotak postingan Anda. 
      8. “Compose” adalah bentuk penulisan artikel secara langsung dan umum. Para pemula disarankan untuk selalu menggunakan Compose untuk menuliskan artikel baru.
      9. “HTML” adalah bentuk penulisan artikel akan tetapi dilihat dalam bentuk kode HTML. Untuk sementara Anda tidak perlu pusing dengan menu yang satu ini.
      10. Tombol yang berfungsi sebagai Undo dan Redo.
      11. Gunakan tombol ini jika Anda ingin mengubah bentuk font dari artikel yang Anda tuliskan.
      12. Tombol ini berfungsi untuk mengubah ukuran tulisan yang Anda buat, mulai dari sangat kecil, kecil, sedang, besar dan sangat besar.
      13. Pada tombol ini Anda bisa membuat variasi yang berbeda pada tulisan Anda :
        - B (Bold) digunakan untuk menebalkan tulisan.
        - I (Italic) digunakan untuk membuat tulisan miring.
        - U (Underline) digunakan untuk memberikan garis bawah pada tulisan Anda.
        - Tulisan dicoret (Strikethrough) digunakan memberikan efek coretan pada tulisan Anda. Caranya cukup simpel, Anda tinggal menuliskan suatu kata lalu blok tulisan tersebut dan klik antara B, I, U, Strikethrough sesuai dengan keinginan Anda
      14. Tombol ini digunakan untuk memberikan warna pada tulisan Anda. Caranya mudah, cukup blok tulisan yang ingin diberikan warna lalu klik tombol ini dan pilih warna yang Anda sukai.
      15. Tombol ini digunakan untuk memberikan efek warna background pada tulisan Anda. Caranya sama seperti yang diatas.
      16. Merupakan salah satu item terpenting disini. Tombol ini digunakan untuk membuat link baik yang menuju ke website Anda ataupun website luar. Nanti Anda akan diajarkan cara membuat link.
      17. Ini adalah fasilitas yang digunakan untuk mengupload gambar Anda ke blog. Nanti Anda akan diajarkan cara untuk meng-upload gambar dan mengubah ukurannya.
      18. Digunakan jika Anda ingin mengupload video di blog Anda. Mungkin di Indonesia tidak terlalu banyak yang menggunakan fasilitas ini karena memang waktu upload terbilang lama (karena ukuran video besar). Tapi Anda tidak perlu khawatir karena nanti akan diajarkan cara mengupload video sederhana ke dalam blog Anda dan memasukkan video Youtube di postingan Anda.
      19. Tombol ini digunakan untuk mengatur perataan tulisan Anda. Ada 4 jenis perataan yaitu Rata Kiri, Rata Tengah, Rata Kanan, Rata Penuh. Pengaturan ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.
      20. Tombol ini digunakan untuk membuat tulisan yang diberikan tanda nomor secara berurutan (ordered list).
      21. Tombol ini hampir sama fungsinya dengan tombol yang diatas, bedanya kali ini tidak menggunakan nomor melainkan symbol yang sama (unordered list).
      22. Bagian ini digunakan untuk memberikan nama label yang nantinya digunakan sebagai peng-kategorian artikel.
      23. Bagian ini digunakan untuk mengatur waktu dan jam artikel tersebut di publikasi.
      24. Bagian ini bisa Anda isi dengan tempat Anda menulis artikel.
      25. Bagian ini digunakan untuk men-setting komentar, bentuk HTML dan tag br. Pada bagian ini Anda bisa men-setting apakah Anda ingin menampilkan komentar atau tidak pada postingan ini.
      demikian tutorial membuat blog di blogspot.com. silahkan anda lihat tutorial berikutnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam mengelola blog.

      Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.